Wisata Lombok Barat

27 Tempat Wisata di Lombok Barat

Lombok kini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Indonesia. Selain Bali, Lombok menyuguhkan panorama alam yang sangat indah dan eksotis. Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara cukup banyak yang berlibur di Lombok guna menikmati waktu libur mereka.

Lombok sendiri dibagi menjadi beberapa kabupaten yang masing-masing menawarkan cukup banyak destinasi wisata. Salam satu kabupaten yang memiliki cukup banyak destinasi wisata adalah Kabupaten Lombok Barat.

Lombok Barat bisa dibilang sebagai salah satu kabupaten yang paling maju di Pulau Lombok. Kabupaten ini sudah mengalami pembangunan yang cukup masif dari pemerintah, terutama bagian tourism. Namun, meskipun pembangunan fisik di kabupaten ini sudah cukup masif, kondisi alam di Lombok Barat tetap terjaga dengan sangat asri.

Berbincang terkait destinasi wisata di Lombok Barat, kali ini akan dibahas setidaknya 27 destinasi wisata terbaik untuk berlibur. Selamat membaca.

27 Destinasi Wisata Terbaik di Lombok Barat

Adanya cukup banyak destinasi wisata yang ada di Lombok Barat tentu saja akan memberikan keleluasaan bagi Anda untuk memilih tempat berlibur yang tepat. Selain itu, dengan adanya banyak pilihan tempat wisata, Anda juga bisa melakukan kombinasi tujuan wisata agar waktu berlibur terasa semakin berwarna dan menyenangkan.

Nah, adapun beberapa destinasi wisata menarik yang ada di Kabupaten Lombok Barat untuk dikunjungi adalah sebagai berikut:

1. Gili Nanggu

Gili Nanggu. Foto by @jackysanlombok IG

Gili Nanggu merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Lombok Barat. Sebagaimana diketahui, ada cukup banyak ide wisata Gili di Lombok dan Gili Nanggu adalah salah satu yang paling banyak dikunjungi. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang rindu dengan deburan ombak yang tenang dan birunya samudera yang luas.

Tidak hanya itu, Gili Nanggu merupakan pulau terpencil yang memberikan privasi yang lebih bagi para pengunjung, terutama untuk Anda yang ingin berbulan madu.

2. Gili Kedis

Gili Kedis. Foto by kulicitra.jpg

Terletak tidak jauh dari Gili Nanggu, Anda bisa berkunjung ke Gili Kedis untuk liburan. Gili satu ini juga termasuk salah satu destinasi wisata terbaik di Lombok Barat. Apa yang menarik dari Gili Kedis adalah lautnya yang biru dan tenang.

Di tempat ini, pengunjung bisa melakukan diving atau snorkeling dengan sangat puas karena pemandangan biota laut nya juga istimewa. Di tepi Gili, terdapat beberapa tempat persewaan alat diving dan snorkeling yang tentu saja bisa memudahkan keinginan Anda untuk menikmati laut.

3. Gili Sudak

Gili Sudak. Foto by @aminkjen_boat_nanggu IG

Jika Anda rindu dengan sunset yang indah dan suasana yang romantis, maka Gili Sundak dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Letak dari Gili Sundak ini juga tidak terlalu jauh dari Gili Nanggu. Di musim liburan, cukup banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berburu sunset.

Memang, ada cukup banyak spot melihat sunset yang istimewa di Gili Sundak di mana juga bisa dijadikan spot foto untuk mengabadikan momen.

4. Gili Layar

Gili Layar. Foto by @dj_yasmin IG

Gili Layar juga menjadi daerah eksotis yang bisa dikunjungi untuk liburan. Menawarkan pasir putih yang begitu bersih dan luas, Gili ini akan memberikan kenyamanan yang lebih bagi pengunjung yang berlibur. Tidak hanya itu, laut di Gili Layar tergolong cukup tenang sehingga sangat aman untuk berenang. Bahkan, tidak jarang pengunjung mendirikan tenda di tepi pantai ini untuk menikmati sunrise indah di pagi hari.

5. Gili Asahan

Gili Asahan di Sekotong. Foto by @tommyschulzphoto

Gili Asahan terletak di dekat Gili Layar dan Gili Gede serta masuk dalam Kabupaten Lombok Barat. Karena letaknya inilah Gili Asahan memberikan privasi yang lebih bagi pengunjung yang ingin berlibur. Gili ini terkenal karena panorama alamnya yang begitu istimewa.

Di Gili ini pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang sangat eksotis dengan samudera biru yang tenang. Tidak hanya itu, di tepi pantai terdapat cukup banyak food court yang menjual berbagai olahan istimewa khas Lombok.

6. Gili Gede

Gili Gede Sekotong. Foto by @gowilddive.giligede

Gili Gede merupakan salah satu Gili yang memiliki luas yang lebih besar daripada beberapa Gili lainnya. Letak Gili ini berada di sebelah selatan Gili Layar. Apa yang membuat Gili Gede wajib dikunjungi adalah tempat ini merupakan spot yang tepat bagi Anda yang suka dengan diving dan snorkeling.

Tidak hanya memiliki lautan yang tenang, pemandangan laut di Gili ini sangat indah sehingga pengunjung akan terkesan dibuatnya.

7. Teluk Sepi

Salah satu sudut pantai di Teluk Sepi desa Buwun Mas Sekotong. Foto by @jackysanlombok IG

Teluk Sepi sering disebut sebagai surga tersembunyi yang ada di Lombok Barat. Sama seperti namanya, teluk ini memang sepi dan belum banyak diketahui oleh para pengunjung.

Namun, meskipun sepi, keindahan alam di teluk ini tidak bisa disepelekan. Pengunjung bisa menikmati panorama alam yang begitu mempesona. Di tempat ini, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mencoba menaiki perahu tradisional Lombok guna menyeberang teluk.

8. Pantai Belongas

Pantai Blongas, desa Buwun Mas Sekotong. Foto by baiqreni_

Pantai Belongas merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Lombok. Hampir sama dengan pantai atau Gili lainnya, Belongas menyuguhkan pemandangan alam yang begitu istimewa. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati deburan ombak dengan nyaman karena pantai tergolong sangat bersih.

Tidak hanya itu, hamparan pasir putih membentang dan menyuguhkan pemandangan lain yang tak kalah memukau. Jika Anda berkunjung di Lombok Barat, sayang rasanya jika tidak menyempatkan diri berkunjung ke tempat ini.

9. Teluk Panggang

Pantai Panggang di Buwun Mas Kecamatan Sekotong. Foto by Instagram @kevin.fa_ & @semeton_travler

Teluk Panggang berada di sekitar Sekotong, Lombok dan menjadi ikon wisata terbaik di tempat tersebut. Teluk ini menawarkan keindahan alam yang begitu eksotis. Tidak hanya itu, teluk ini juga menawarkan situasi yang tergolong tenang dan asri.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan liburan private bersama pasangan atau keluarga, tentu saja Teluk Panggang bisa menjadi salah satu destinasi wisata alternative untuk dikunjungi.

10. Ujung Langit

Pantai Ujung Langit di desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong. Foto by Instagram @erwin_075

Ujung langit merupakan pantai yang terletak di ujung Pulau Lombok. Letaknya yang berada di ujung pulau mungkin membuatnya diberi nama Ujung Langit. Sama seperti namanya, tempat ini terkenal salah satunya karena pemandangan sunset yang begitu istimewa.

Di tempat ini, pengunjung akan dimanjakan oleh memerahnya sunset saat matahari tenggelam. Ditemani dengan suara deburan ombak yang cukup tenang serta pasir putih yang terhampar luas, melihat sunset di tempat ini tentu saja akan semakin mengasyikkan.

11. Pantai Nambung

View Pantai Nambung dari Villa Nambung. Foto by @bossgirlgal

Pantai Nambung terletak tidak jauh dari Pantai Sekotong. Pantai ini memiliki keunikan sendiri karena diantara pasir pantai yang putih terdapat beberapa batu besar. Batu besar tersebut dapat dijadikan spot yang unik untuk berfoto.

Kondisi Pantai Nambung sendiri tergolong cukup tenang dan bersih. Laut membentang cukup luas dengan warna biru yang eksotis dan ombak yang tergolong kecil. Pantai ini sangat cocok untuk destinasi liburan bersama dengan keluarga.

12. Air Terjun Jagog

Air Terjun Asin Tanjung Jagog, Nambung Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong. Foto by by @stepenpen

Tidak jauh dari Pantai Nambung, pengunjung juga bisa pergi ke destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik. Ya, destinasi wisata tersebut adalah air terjun Jagog. Jagog merupakan salah satu air terjun terbaik di Lombok yang mampu membius pengunjung yang datang ke tempat tersebut.

Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi namun pengunjung berkesempatan untuk mandi air tawar langsung dari air terjun yang pasti sangat menyegarkan. Selain itu, dinding batu dari air terjun ini bisa dijadikan background alami untuk berfoto.

13. Mangrove Lembar

Mangrove Lembar. Foto by Instagram @nirwanmulyawardana

Mangrove Lembar adalah destinasi wisata yang tergolong baru di Lombok. Objek wisata ini menawarkan hutan mangrove yang cukup luas untuk memberikan menu liburan yang berbeda.

Di tempat ini, pengunjung bisa berjalan-jalan menyusuri jembatan kayu yang memanjang atau nongkrong di beberapa spot yang disediakan untuk menikmati suasana. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa berkeliling di sekitar hutan mangrove dengan menggunakan perahu tradisional yang disediakan penduduk setempat.

14. Pura Batu Bolong

Pantai dan Pura di kawasan wisata Pura Batu Bolong Senggigi. Foto by @yusra97__

Nama Pura Batu Bolong mungkin masih tergolong awam untuk beberapa pengunjung. Hal ini memang cukup beralasan karena Batu Bolong tidak dibuka sebagai destinasi wisata secara umum, lebih dianggap sebagai tempat beribadah warga masyarakat Hindu yang ada di wilayah Mataram dan Senggigi. Namun, karena keindahan panorama sunset dan juga pantainya, Batu Bolong kemudian cukup terkenal dan menjadi destinasi alternatif terbaik bagi pengunjung.

Apa yang menarik dari Batu Bolong adalah adanya batuan besar yang memiliki lubang di tengahnya dan terletak di bibir pantai. Selain itu, tempat ini juga memiliki pura yang cantik di tepi pantai.

15. Taman Narmada

Taman Narmada dari Udara @heruekautsar IG

Taman Narmada merupakan salah satu destinasi wisata Lombok yang memiliki nilai sejarah tinggi. Taman ini dikisahkan menjadi salah satu kediaman raja Lombok silam. Kini, di Taman Narmada, pengunjung bisa menikmati beberapa bangunan tua berupa pura sebagai bukti sejarah.

Selain itu, di sekitar pura terdapat taman yang begitu luas dengan pemandangan alam yang asri dan indah. Tempat ini tergolong cukup ramai, terutama pada masa liburan.

16. Pura Meru

Gapura masuk Pura Miru, Cakranegara Mataram Lombok. Foto by @batiktours.co.id

Pura Meru merupakan pura terbesar yang ada di Lombok. Selain terbesar, pura ini juga termasuk salah satu pura tertua karena didirikan pada tahun 1720 oleh Anak Agung Made Karangasem. Hingga sekarang, pura ini masih berfungsi dengan baik sebagai tempat ibadah umat Hindu. Namun, pemerintah Lombok juga menjadikan pura ini sebagai salah satu destinasi wisata alternatif yang bisa dikunjungi.

17. Suranadi

Pura Lingga Gangga, Suranadi, Narmada, Lombok Barat. Photo by @aditralfath

Suranadi juga merupakan sebuah pura yang ada di Lombok. Meskipun tidak sebesar Pura Meru, Pura Suranadi menyimpan keindahan tersendiri yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Apa yang menarik dari pura ini adalah kondisi pura yang dikelilingi oleh beragam jenis tanaman dan beberapa taman.

Adanya taman dan banyak pepohonan membuat pura ini sejuk dan layak dijadikan salah satu destinasi wisata alternatif saat ke Lombok.

18. Aik Nyet Sesaot

Aike Nyet di Sesaot, Narmada. Photo by @yudapurnawirawan IG

Aik Nyet Sesaot merupakan destinasi wisata baru yang ada di Lombok. Destinasi ini merupakan wisata air yang belum banyak dieksplorasi oleh para pengunjung. Nah, di tempat ini, pengunjung bisa menikmati aliran sungai yang bening dan cukup deras. Selain itu, sungai tersebut memiliki cukup banyak batuan besar yang bisa untuk sekadar nongkrong atau menjadi spot foto dadakan.

19. Pantai Kerandangan

Pantai Kerandangan. Foto by @simaun_ IG

Kerandangan bisa dikatakan sebagai salah satu wisata lengkap yang ada di Lombok Barat. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati deburan ombak yang terdapat di Pantai Kerandangan. Namun, selain pantai, destinasi wisata ini menyediakan taman wisata alam yang sangat cantik.

Taman wisata ini menawarkan tempat yang sejuk dan cocok untuk menikmati waktu luang yang jauh dari bising kota. Selain itu, letaknya yang tidak jauh dari Senggigi membuat akses ke destinasi ini cukup mudah.

20. Makam Batulayar

Makam Batulayar Senggigi. Foto by @umem_17 IG

Jika Anda ingin berwisata religi ke Lombok Barat, maka Makam Batulayar merupakan salah satu destinasi wisata wajib yang harus dikunjungi. Makam ini cukup terkenal di daerah Lombok karena merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Sayyid Duhri Al Haddad Al Hadrami.

Beliau merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam yang sangat dihormati di Indonesia. Banyak pengunjung yang datang ke makam ini untuk mengenang jasa beliau.

21. Air Terjun Timponan

Air Terjun Timponan Lingsar. Foto by @alwivip IG

Bagi pengunjung yang rindu dengan segarnya air terjun dan pemandangan alam yang sejuk, Air Terjun Timponan dapat menjadi salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata ini terletak di daerah Lingsar, Lombok Barat. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang begitu menakjubkan dengan tebing yang menjulang dan hijau.

Namun, pengunjung harus berjalan beberapa saat terlebih dahulu untuk menuju ke lokasi air terjun.

22. Rafting Lingsar

Rafting. Foto by @wawan_suhandra IG

Rafting Lingsar menyuguhkan ide wisata yang menunjang adrenaline. Jika Anda ingin menguji mental anda, maka ide wisata ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik. Nah, pada wisata rafting ini, pengunjung akan ditantang untuk menyusuri sungai dengan arus yang cukup deras dan berbatu. Tentu, pengunjung akan mendapatkan pengalaman menantang yang baru dari tempat ini.

23. River Tubing Suranadi

River Tubing. Foto by @Jackysanlombok IG

River Tubing Suranadi juga menyajikan wisata yang memicu adrenalin. Pada ide wisata ini, pengunjung akan ditantang untuk menyusuri sungai yang memiliki aliran air cukup deras serta berbatu. Selain cukup menantang, kondisi sungai yang masih jernih dan memiliki pemandangan yang indah tentu akan membuat destinasi wisata ini semakin menyenangkan untuk dikunjungi saat liburan tiba.

24. Bukit Batu Idung

Bukit Batu Idung. Foto by @jackysanlombok IG

Bukit Batu Idung adalah salah satu ide wisata baru di Lombok Barat yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Bukit ini terletak di Lembar, Lombok Barat dan menyajikan ide wisata unik bagi para pengunjung. Pengunjung yang datang ke bukit ini bisa melakukan trekking atau bahkan bersepeda.

Nah, salah satu keindahan dari bukit ini adalah Bukit Batu Idung menyediakan spot istimewa bagi pengunjung yang ingin berburu sunrise di pagi hari.

25. Malimbu Beach

Pantai Malimbu Senggigi. Foto by @conchizzlin IG

Pantai Malimbu merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Lombok Barat dan terletak tidak jauh dari Gili Trawangan. Destinasi wisata pantai ini sangat menarik dengan kondisi lautnya yang tenang dan bersih.

Tidak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat bukit yang menjulang cukup tinggi dan dihiasi oleh pepohonan yang rindang. Tentu, bukit tersebut akan membuat pemandangan di Pantai Malimbu menjadi semakin istimewa.

26. Pantai Goa Landak

Pantai Goa Landak Sekotong. Foto by @thaa.a__ IG

Terletak di Sekotong, Pantai Goa Landak juga menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Lombok Barat yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini sangat terkenal karena suasananya yang nyaman, tenang dan syahdu.

Di pantai ini, terdapat sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi dan cocok untuk duduk bersama teman memandang birunya samudera. Secara umum, pantai ini memiliki pemandangan eksotis dari gabungan air yang membiru dan pasir putih yang memanjang.

27. Pantai Meang

Pantai Meang Sekotong. Foto by @tengakarta IG

Pantai Meang terletak di sebelah Teluk Sepi dan menjadi salah satu ikon wisata di Lombok Barat. Pantai ini menyimpan cukup banyak pesona alam yang sangat indah dan eksotis.

Tidak hanya lautan yang tenang atau pasir putih yang memanjang, Pantai Meang menyediakan spot foto yang spesial. Bahkan, di sekitar pantai terdapat cukup banyak food court yang menyediakan makanan khas Lombok.

Nah, dengan poin penjelasan di atas, ada sekitar 27 destinasi wisata menarik yang ada di Lombok Barat. Mana tempat wisata yang hendak Anda kunjungi bersama keluarga dan rekan?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button