Wisata Lombok TimurWisata Lombok Utara

Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok

Masih tentang Lombok yang menawarkan pesona alam tiada duanya. Selain pantai pantainya yang molek, Lombok masih menyimpan keindahan lainya, salah satunya gunung Rinjanji. Siapa tidak kenal gunung indah ini ?

Gunung Rinjani ini berada di Pulau Lombok, tepatnya di Pulau Nusa Tenggara Barat. Tingginya sekitar 3.726 meter dari permukaan laut (Mdpl), merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung ini berdiri kokoh di Lombok Timur dan nampak megah.Gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Hingga saat ini, Rinjani tercatat sebagai gunung berapi aktif.

Meski demikian, gunung Rinianji tetap menjadi tujuan wisata, khususnya bagi para penjelajah gunung dari seantero tempat. Baik dalam negeri maupun mancanegara.

Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok

Medan pendakianya bervariasi dan sangat menantang sehingga tidak heran jika jadi tujuan favorit para pendaki. Ingin kesana ? Berikut tempat tempat keren di kawasan Gunung Rinjani yang kami sajikan untuk anda.

1. Pelawangan Sembalun

Pelawangan Senaru Lombok Utara. Foto by @zainalabidinachmad IG

Pendaki gunung Rinjani pasti pernah bermalam disini. Pelawangan Sembalun memang lokasi yang biasanya digunakan untuk menginap bagi para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak.

Lokasinya yang cukup luas dan relatif rata, cocok untuk mendirikan tenda. Sambil istirahat memulihkan energi sebelum menuju puncak, para pendaki disuguhi penampakan segara anak dan gemerlapnya pulau Lombok.

Jangan lewatkan menyaksikan sunset dari Pelawangan Sembalun. Juga nikmati pemandangan   gunung agung yang pekat berselimut awan.

2. Padang Savana Sembalun Lawang

Savana Sembalun Lawang. Foto by @erwin_inyok IG

Sebelum sampai di Palawangan Sembalun, anda akan melintasi Padang Savana Sembalun Lawang. Ini merupakan salah satu jalur pendakian yang biasanya dilintasi para pemula.

Sepanjang perjalanan, ada pemandangan berupa rerumputan menjulang hingga 1,5 meter khas padang savana yang membentang kurang lebih sepanjang 6 Kilometer. Pemandangan khas savana ini makin menakjubkan dengan background Gunung Rinjani yang megah.

3. Danau Segara Anak

Danau Segare Anak. Foto @kelana_dewata99 IG

Jika Semeru terkenal dengan danau Ranu Kumbolonya, Kawasan gunung Rinjani memiliki danau Segara Anak. Danau Segara Anak menjadi salah satu spot wisata yang disukai karena keindahanya, sangat instagramable.

Danau ini memiliki warna air biru jernih seperti laut, pemandangan disekelilingnya yang eksotis makin menyempurnakan pemandanganya. 

Terbentuk di kaldera gunung Rinjani, Segara Anak menjadi sebuah danau vulkanik. Segara anak berada di ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut. Untuk menuju kesini, membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 7 jam.

Kedalaman danau Segara Anak mencapai 230 meter sedngkan luasnya 1.100 hektar. Aktivitas fulkanik di dasar danau, membuat suhu udara di segara anak hangat meski berada di ketinggian 2000 mdp.

4. Gunung Baru Jari

Gunung Anak Baru Jari. Foto by @hasansandy IG

Gunung Baru Jari berlokasi di sisi kaldera sisi timur kawasan wisata rinjani, dan diatas segara anak. Disebut juga dengan Gunung Anak Rinjani.

Memiliki ukuran lebar kawah kira kira 170 meter dan panjangnya 170 meter. Untuk ketinggianya, mencapai 2.296 hingga 2.376 meter dari permukaan laut. Menurut sejarahnya, anak gunung Rinjani terbantuk sekitar tahun 1944.

Hingga kini, gunung mungil ini masih aktif dan sepanjang sejarahnya tercatat pernah meletus beberapa kali. Meski demikian, dalam kondisi normal, pendaki biasanya masih bisa melihat gunung Jari yang berada di dalam kaldera Gunung Rinjani di bagian Selatan. Gunung Batu Jari nampak terlihat cerah dan indah berpadu pemandangan birunya air segara anak.

Itulah spot yang berada dikawasan wisata gunung Rinjani. Apakah anda tertarik mengunjungi? dan jika berencana mendaki, pastikan semuanya dipersiapkan. Bagi yang sudah pengalaman, menyiapkan keperluan  pendakian sudah memang biasa dilakukan. Namun bagi pendaki pemula, benar benar harus menyiapkan segala sesuatunya sebelum memutuskan mendaki Rinjani. Mulai dari persiapan fisik, perlengkapan, mental maupun persiapan lainya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button