Wisata Lombok Timur

Wisata Desa Sembalun

Sembalun adalah salah satu kecamatan di Lombok Timur yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Bukan kecamatan biasa, karena Sembalun merupakan salah satu daya tarik utama wisata di Lombok Timur. Bila di Lombok Barat ada Senggigi dan Lombok Tengah Memiliki kuta Mandalika, Lombok Timur juga punya Sembalun.

Kenapa Sembalun? Hal ini tidak lepas dari lokasinya yang berada di kaki Gunung Rinjani sekaligus gerbang bagi para pendaki. Meski begitu Sembalun bukan tanpa daya tarik lain, terlebih ketika saat ini jalur pendakian melewati Sembalun telah ditutup akibat longsor. Nah, penasaran apa saja daya tarik itu?

1. Wisata Petik Stroberi

Petik Strawbery di Sembalun Foto By sembalunlombok_ IG

Bila di Batu Jawa Timur ada wisata petik apel yang begitu populer, di Sembalun juga terdapat wisata petik Stroberi yang tidak kalah terkenalnya. Anda akan menjumpai Wisata Petik Stroberi nyaris di sepanjang jalan begitu sampai di Sembalun. Namun untuk mendapatkannya, pastikan datang di musim yang tepat.

Banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh hanya untuk merasakan sensasi memetik stroberi langsung dari pohonnya. Namun bagi Anda yang tidak mau repot memetik dan hanya ingin membeli juga bisa, ada banyak pedagang yang menjajakan dagangannya. Biasanya bersamaan dengan wisata petik stroberi dan sudah dibungkus mika.

2. Air Terjun Umar Maya

Air Terjun Umar Maye Foto By @ndy_indy314 IG

Hanya berjarak 30 hingga 45 menit saja dari Desa Sembalun Lawang menjadikan destinasi Air Terjun Umar Maya sebagai salah satu rekomendasi wisata ketika berkunjung ke Sembalun. Lokasi tepatnya adalah berada di Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun.

3. Pusuk Sembalun

Pusuk Sembalun Foto By @fajrifrizki IG

Sebelum sampai di wilayah permukiman penduduk, terlebih dahulu Anda akan melalui perbukitan berliku yang cukup menantang. Meski bisa dilalui dengan kendaraan bermotor karena sudah beraspal mulus, namun tetap saja memerlukan perjuangan ekstra untuk melaluinya.

Tapi semua itu akan terbayar lunas karena selama perjalanan Anda akan disuguhi oleh pemandangan alam yang sangat indah dari pegunungan Sembalun. Terlebih di puncaknya, yaitu Pusuk Sembalun banyak terdapat spot menarik untuk berfoto. Mulai dari beberapa spot foto buatan, spot alami hingga taman di pusuk sembalun menjadi daya tarik tersendiri.

4. Desa Adat Beleq

Desa Adat Beleq Sembalun @dee_lici0uss IG

Bukan hanya wisata alam, di Sembalun juga terdapat wisata budaya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Desa Adat Beleq adalah desa yang masih memepertahankan rumah adat sejak turun temurun. Di sini terdapat 7 rumah yang bentuknya nyaris serupa. Selain itu ada pula dua tempat penyimpanan harta benda atau biasa disebut gelang, sebuah bale malang yang biasa digunakan sebagai tempat ibadah serta satu batu bertuah yang dianggap keramat dan dijuluki pasek bumi.

Nah, itu tadi 4 destinasi wisata yang ada di Sembalun. Selain itu masih ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan seperti mendaki bukit pergasingan atau wisata agro lainnya. Jadi, sudah siap berkunjung ke Destinasi wisata yang pernah dinobatkan sebagai Destinasi Bulan Madu Halal Terbaik ini?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button