Wisata Lombok Timur

Savanna Sembalun Lawang yang Hijau Nan Mempesona

Indahnya pesona alam Indonesia memang mampu membius wisatawan untuk datang berkunjung. Di Lombok terdapat banyak kekayaan alam yang keindahannya bisa membuat Anda takjub. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan keindahan pantai Lombok yang sudah tersohor hingga mancanegara.

Tapi ternyata selain pantainya, di kawasan Gunung Rinjani juga terdapat banyak tujuan wisata yang tak kalah menariknya, salah satunya Savanna Sembalun Lawang. Lokasi ini berupa padang savanna alami yang ada di dalam kawasan kaki Gunung Rinjani yang keindahannya bisa menghipnotis Anda.

Ini Cantiknya Savanna Sembalun yang Bisa Anda Nikmati

Padang Savanna Sembalun Lawang ini berada di desa Sembalun Lawang. Padang savanna atau biasa disebut pula dengan Sabana adalah padang rumput yang ditumbuhi oleh tumbuhan perdu dan semak. Terkadang di tengah padang tersebut tumbuh pohon akasia ataupun jenis lainnya.

Padang ini terbentuk secara alami dan biasanya ditemui di daerah beriklim tropis ataupun subtropis seperti Indonesia. Jika dilihat dari jauh padang savanna ini terlihat seperti hamparan karpet hijau kecokelatan yang indah. Tak heran kalau banyak orang tertarik untuk mengunjungi dan melihat langsung keindahan padang rumput di Lombok ini.

Desa Sembalun Lawang sendiri berada cukup tinggi yaitu di ketinggian sekitar 1156 meter di atas permukaan laut. Bagi para pendaki yang akan memulai perjalanan menuju puncak Gunung Rinjani bisa memilih desa ini sebagai jalur awal pendakian.

Jika Anda mengambil rute pendakian melalui desa ini maka Anda dapat menyaksikan indahnya bukit-bukit yang diselimuti oleh perdu dan semak hijau nan indah. Perjalanan mendaki mungkin akan terasa lebih ringan dengan ditemani oleh pemandangan asri ini.

Tak heran kalau rute pendakian melalui Sembalun Lawang ini banyak dipilih karena selain pemandangannya yang cantik, kondisi topografi jalur pendakian ini pun tidak se-ekstrim jalur lain sehingga relatif aman dan tidak melelahkan.

Padang Savanna Sembalun ini sangat cocok menjadi tempat untuk latar fotografi karena pemandangannya yang cantik dan tidak biasa. Mengunjungi padang savana ini sembari melalui jalur pendakian ataupun sengaja mendatangi padang ini untuk berfoto, rasanya jadi hal yang patut dicoba karena padang semacam ini tidak bisa dengan mudah Anda temui di daerah-daerah lainnya.

Kondisi di padang ini cukup terik karena minimnya pohon peneduh, oleh karena itu Anda perlu mempersiapkan pelindung yang memadai untuk menangkal panasnya sinar matahari. Payung, topi, kacamata serta perlengkapan lain seperti tabir surya jangan sampai tertinggal jika Anda tidak ingin gosong oleh pancaran sinar matahari.

Tak ada salahnya mencoba wisata baru yang anti-mainstream selain pantai-pantai yang ada di Lombok. Pengalaman baru ini tentu akan memberikan sensasi liburan yang berbeda dari biasanya.

Tidak hanya persiapan diri yang harus diperhatikan, Anda pun harus memperhatikan kelestarian alam selama berada di padang savanna Sembalun Lawang ini. Kondisi yang kering membuat semak dan perdu bisa sangat mudah terbakar.

Oleh karena itu bagi para perokok sebaiknya hindari dulu aktivitas merokok di sekitar kawasan ini karena sedikit bara api yang jatuh ke semak-semak terlebih pada kondisi musim kemarau dapat dengan mudah memantik munculnya api yang lebih besar.

Anda tentu tak ingin kecerobohan Anda membakar padang rumput indah hanya dalam sekejap mata seperti yang pernah terjadi beberapa waktu yang lalu.

Menikmati keindahan alam padang savanna Sembalun Lawang sangat boleh dilakukan asalkan Anda tidak meninggalkan sampah ataupun melakukan tindakan yang berpotensi merusak alam.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button