Wisata Lombok Timur

Pantai Pink Lombok

Tidak hanya NTT dan Sumbawa saja yang memiliki pantai berpasir merah muda, Lombok Timur juga memiliki pantai seperti itu. Pantai yang semula memiliki nama Pantai Tangsi ini terletak di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Seiring berjalannya waktu, wisatawan kemudian lebih mengenal pantai ini dengan sebutan Pantai Pink.

Memiliki pasir berwarna merah muda menjadikan pantai ini sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Lombok Timur. Meski jaraknya yang cukup jauh dari Ibu Kota Lombok Timur, yaitu dua jam perjalanan, namun semua lelah itu akan terbayar oleh keindahan Pantai Tangsi.

Sejarah Pantai Pink Lombok

Konon, warna merah muda pada pasirnya berasal dari pecahan terumbu karang yang terbawa oleh ombak lalu menyebar dan membaur bersama pasir di sepanjang bibir pantai. Oleh sebab itu hanya di waktu-waktu tertentu saja Anda bisa melihat dengan jelas warna pasir yang berubah menjadi pink.

Di pantai ini juga tersedia beberapa berugaq, sebuah bangunan adat sasak yang terbuat dari kayu yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat. Sekilas mungkin berugaq terlihat mirip gazebo yang memiliki kaki. Berugaq di Pantai Pink ini tersedia cukup banyak, berjejer di sepanjang bibir pantai.

Selain bermain di sekitar pantai, Anda juga bisa sekalian menyeberang ke beberapa gili atau pulau kecil yang terdapat di sekitar pantai ini. untuk ke sana Anda hanya perlu menyewa perahu nelayan yang tersedia. Anda bisa melakukan tawar menawar hingga menemukan harga yang pas.

Bukan hanya wisata bahari, di sini Anda juga bisa sekalian berwisata sejarah. Lokasinya tidak persis di Pantai Pink, Meriam peninggalan Belanda berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi pantai, tepatnya di Tanjung Ringgit. Di sini Anda juga dapat melihat pemandangan tebing terluar Pulau Lombok bagian selatan. Tebing yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Akses menuju Pantai Pink Lombok

Lokasinya yang berada di ujung selatan Pulau Lombok, di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur. Lokasinya cukup terpencil karena harus melewati hutan dan membuat pantai ini sangat sulit diakses, apalagi beberapa tahun lalu jalan menuju Pantai Pink ini belum beraspal dan masih berupa bebatuan. Namun sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena jalannya sudah mulus dan beraspal.

Tertarik berkunjung? Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000/orang untuk biaya masuk Pantai Pink bagi wisatawan lokal. Sedangkan wisatawan mancanegara dibebankan tarif lebih mahal, yaitu Rp 50.000.

Gallery Foto Pantai Pink Lombok Timur

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button