Wisata Lombok Tengah

Pantai Mawi

Pantai Mawi terletak di Desa Mekar Sari Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah, merupakan pantai yang dianggap sebagai surganya pecinta surfing. Bagaimana tidak, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara banyak yang datang ke sini untuk merasakan langsung sentuhan ombak yang menantang.

Sekilas pantai ini memang mirip dengan Pantai Mawun. Selain dari namanya juga yang mirip, Pantai Mawi juga berada di antara himpitan bukit-bukit yang langsung menghadap ke Samudra Hindia seperti Pantai Mawun. Bahkan kedua pantai ini memiliki lokasi yang berderkatan. Untuk sampai ke Pantai Mawi sedikitnya Anda membutuhkan waktu satu jam dari Bandara Internasional Lombok atau hampir dua jam bila dari Kota Mataram.

Seperti yang dijelaskan di awal tadi, Pantai Mawi adalah surganya pecinta surfing. Jenis ombaknya berupa reef coral yang bergerak dari kiri ke kanan membuat peselancar sangat dimanjakan. Namun ombak bagus di pantai ini tidak datang setiap hari.

Untuk mendapatkan ombak terbaik sebaiknya Anda harus datang pada rentang waktu antara bulan Mei hingga Oktober. Karena saat itu angin laut dari timur akan membawa ombak yang lebih besar. Selain itu tentu saja Anda harus tetap waspada karena ombak besar dan arus bawah laut yang cukup kuat membuat siapa saja dapat hanyut.

Selain ombak yang menantang, daya tarik lain dari pantai ini adalah keindahan pemadangan dari atas bukit. Dari atas sini Anda bisa melihat seluruh bagian Pantai Mawi, termasuk ombak besar dengan orang-orang yang sedang berselancar. Dari atas sini Anda juga bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang selalu menjadi daya tarik pantai pada umumnya.

Tidak banyak fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan di sini, bahkan penjual makanan juga belum banyak. Oleh karena itu sebaiknya Anda membawa bekal sendiri. Wisatawan yang datang pun masih tergolong sepi, bahkan kebanyakan didominasi oleh wisatawan mancanegara yang ingin berselancar. Namun begitu, pinggir pantainya masih cukup aman karena ombaknya cenderung tenang.

Karena akses ke Pantai Mawi cukup sulit, Anda memerlukan perjuangan ekstra untuk sampai ke sini. Tidak ada angkutan umum yang menuju Pantai ini, jadi Anda perlu menyewa mobil atau menggunakan kendaraan pribadi bila berkunjung. Bila datang dari Bandara Internasional Lombok, Anda bisa menyewa langsung mobil yang sudah tersedia di sana.
Bagaimana, tertarik datang ke Pantai Mawi?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button