Wisata Lombok Timur

Keindahan Pantai Tangsi Lombok Tidak Boleh Dilewatkan

Pantai Tangsi Lombok Timur. Foto by @usmans4nusi IG
pantai Tangsi Lombok Timur. Foto by @bon.voyagetravels IG

Soal pantai, Lombok memang gudangnya. Memiliki banyak pantai yang eksotis dan menawan, pantai pantai di pulau Lombok pun umumnya dikelilingi bukit atau pulau pulau, sehingga melengkapi keindahanya.

Namun pantai satu ini mungkin tidak setenar pantai pantai lain di Lombok. Namanya pantai Tangsi. Tapi jangan salah, pantai ini punya keunikan yang tidak dimiliki kebanyakan pantai.

Pantai ini berada di Pulau Lombok, untuk bisa mengunjungi tempat ini Anda harus pergi ke desa Sekaroh, tepatnya di Kecamatan Jerowu, di kawasan Lombok Timur.

Dengan kondisi pantai yang berwarna pink, pantai ini termasuk dalam daftar 7 pantai di dunia yang memiliki warna pink.

Menurut beberapa sumber, warna pink pada pasir pantai ini terbentuk akibat percampuran warna putih pasir dengan serpihan karang merah muda yang dipertegas bias cahaya matahari dan terpaan air laut.

Keunikan inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi pantai Tangsi. Ketika berada disini, anda segera disuguhi pemandangan asri dan tenang, karena ombaknya tidak besar. Hamparan bukit disekeliling pantai juga membuat wisatawan merasa nyaman.

Pada sisi kanan pantai, terdapat tanjung dengan gazebo yang telah disediakan. Pada sisi kiri, terdapat bukit yang terbentang padang rumput cukup luas. Dari bukit, pemandangan pantai Pink maki jelas dan indah.

Yang Bisa dinikmati Wisatawan di Pantai Tangsi

Selain menikmati pemandangan alam yang indah di pantai Pink, ada beberapa kegiatan yang bisa wisatawan lakukan di pantai Tangsi. Antara lain, Mancing, menyelam dan Snorkelling.

Jika ingin bermain snorkelling, peralatan harus membawa sendiri karena disana tidak ada yang menyewakan.

Namun, anda bisa menyewa perahu nelayan untuk menyusuri area pantai dan pulau pulau kecil, jaraknya 2 KM dari bibir pantai. Disana, anda juga dapat melihat meriam dan menyusuri goa peninggalan Jepang.

Goa Peninggalan Jepang di Pantai Tangsi Lombok

Lengkapi perjalanan wisata anda di pantai Tangsi dengan mengunjungi goa peninggalan Jepang yang masih berada dikawasan pantai.

Banyak yang menduga dulunya kawasan pantai Tangsi merupakan markas tenrara Jepang. Nama Tangsi ini ketika kita cari dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia akan memiliki arti Asrama. Dugaan ini diperkuat dengan adanya sebuah terowongan atau goa buatan dan Meriam peninggalan Jepang, lokasinya masih dikawasan pantai Tangsi.

Fasilitas

Fasilitas ketika Anda berkunjung di pantai Tangsi belum cukup lengkap layaknya tempat wisata yang sering kita kunjungi. Belum tersedia toilet umum, hotel, losmen maupun penginapan lainya. Sehingga wisatawan tidak bisa menginap di kawasan pantai. Jalan menuju ke pantai juga kurang bagus.

Akses Menuju Lokasi

Ingin mengunjungi Pantai Tangsi ? ada dua rute yang bisa ditempuh, rute darat dan rute laut.

Rute Darat (Dari Bandara Praya) : jika anda dari Bandara Praya, menuju ke pantai Tangsi membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam, ditempuh menggunakan mobil. Sebelum sampai dilokasi, wisatawan melintasi jalanan berbukit, kemudian menurun menuju tepi pantai.

Melalui jalur laut

Car Kedua menuju pantai Tangsi yakni dengan jalur laut. (Dari pelabuhan Tanjung Luar) : Titik berangkat dari pelabuhan Tanjung Luar, menggunakan perahu (menyewa).

Membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit menuju Pantai Tangsi Pink dari Pelabuhan Tanjung Luar. Sepanjang perjalanan, anda akan menikmati pemandangan indah pesisir Lombok Timur. Untuk jalur laut ini biasanya disediakan oleh Biro Perjalanan.

Nah, itulah ulasan mengenai Pantai Tangsi. Memang dibanding pantai di Lombok lain, masih kurang terkenal. Namun jangan salah, pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang layak dikunjungi ketika berada di Lombok.  

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button