Wisata Lombok Barat

Gili Nanggu

Gili Nanggu merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Lombok Barat, bersama dua gili di dekatnya. Jaraknya yang berdekatan membuat Anda bisa mengunjungi ketiga gili tersebut dalam satu waktu. Terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Bila Lombok Timur memiliki Pantai Tangsi/Pantai Pink yang letaknya sangat jauh dari pusat kota, maka Lombok Barat juga memiliki Gili Nanggu. Dibanding dua gili lainnya yang berdekatan, Gili Nanggu adalah yang paling banyak dikunjungi karena merupakan gili pertama yang dibuka sebagai tempat wisata dan menawarkan keindahan bahari yang luar biasa.
Salah satu aktivitas wisata yang paling digemari di Gili Nanggu adalah snorkling. Pantai ini memiliki terumbu karang yang masih asri sehingga banyak ikan-ikan kecil hidup di sekitarnya. Semua itu tentu saja tidak lepas dari peran masyarakat sekitar yang tetap menjaga kelestarian alam baah laut. Jadi bila Anda sudah sampai di Gili Nanggu, jangan sampai tidak ber-snorkling, nanti menyesal, lho!

Untuk bisa masuk ke Gili Nanggu Anda perlu membayar karcis sebesar Rp 5.000 saja per orang. Namun karena lokasinya yang berada di tengah laut mengharuskan Anda menyewa perahu yang telah tersedia. Karena biaya sewanya mencakup satu perahu, alangkah baiknya bila Anda datang bersama rombongan sehingga tarif yang dibebankan per orang jadi lebih ringan.

Umumnya tarif sewa perahu di sana sebesar Rp. 200.000, namun ini bukan tarif baku. Bila Anda termasuk orang yang pandai bernegosiasi atau menawar, tidak ada salahnya untuk menyalurkan bakat Anda saat itu juga. Yang jelas, tarif ini bisa jadi acuan Anda agar nantinya tidak ada alasan gagal berlibur karena kurang membawa uang.

Untuk sampai ke Gili Nanggu, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar satu setengah hingga 2 jam perjalanan darat dari Bandara Internasional Lombok. Waktu yang kurang lebih sama juga akan Anda tempuh bila melakukan perjalanan dari Kota Matararam. Saat ini sudah tersedia GPS di setiap ponsel pintar, jadi mencari lokasi Gili Nanggu tentu tidak sulit.
Selain Gili Nanggu, di sekitarnya juga terdapat dua gili lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Gili Sudak dan Gili Kedis. Gili Sudak merupakan Gili yang paling besar dan jaraknya paling dekat. Sedangkan Gili Kedis memiliki ukuran yang sangat mini, mungkin sekitar satu petak sawah saja. Sensasi yang tentu saja menarik untuk dirasakan.

Gimana? Jangan terpaku dengan Gili Nanggu saja. Sayang, lho! Sudah datang jauh-jauh ya liburannya jangan nanggung!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button