Wisata Lombok Utara

Air Terjun Tiu Kelep

Di Pulau Lombok, bukan hanya ada pantai saja, ada banyak keindahan alam lainnya yang bisa Anda temukan kalau Anda berkunjung ke Pulau yang satu ini. salah satu keindahan di dalamnya adalah terdapat air terjun, dan salah satu dari sekian banyak air terjun itu bernama Tiu Keleb. Salah satu dari sekian banyak air terjun keren di Pulau Lombok.

Keindahanalam Pulau Lombok memang sangat beragam. Mulai dari dasar laut sampai ke puncak tertinggi Rinjani, masing-masing menawarkan keindahan dengan ciri khasnya masing-masing. Bahkan banyak dari orang yang sudah tinggal dan besar bertahun-tahun di Pulau Lombok tapi belum tahu banyak tempat-tempat keren di Pulau yang dijuluki Pulau Seribu Masjid itu.

Air Terjun Tiu Keleb adalah sebuah air terjun yang bisa dibilang merupakan kakak dari Air Terjun Sedang Gile. Dikatakan kakak adalah karena kedua air terjun ini bersumber dari satu aliran sungai yang sama, hanya saja Air terjun Tiu Keleb berada di posisi yang lebih tinggi. Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian kurang lebih 45 meter, sedangkan adiknya hanya selisih sedikit, yaitu 30 meter.

Untuk sampai ke lokasi Air Terjun Tiu Keleb, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2-3 jam perjalanan dengan menggunakan motor atau mobil dari Kota Mataram. Air terjun iniberlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok utara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lombok Timur. Namun, meskipun jarak tempuhnya yang cukup jauh dan diperlukan kesabaran ekstra untuk sampai ke sana, lokasi wisata air terjun ini hampir tak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Setelah berkendara kurang lebih 2-3 jam, masih ada lagi rintangan yang harus Anda lewati, itu adalah ratusan anak tangga menurun menuju air terjun. Anda harus berjalan kaki mulai dari sini dan tentunya membutuhkan tenaga yang lebih ekstra. Namun, ratusan anak tangga tersebut tidak akan terasa melelahkan apabila Anda sedikit membuka mata dan hati untuk menikmati keindahan alam yang terbentang luas sepanjang perjalanan. Bisa juga diselingi dengan berfoto bersama dengan background lingkungan alam hutan yang masih asri.

Sampai di lokasi, tentunya semua kelelahan yang sudah Anda dapatkan dari perjalanan panjang tadi akan terbayar tuntas. Keindahan Air Terjun Tiu Keleb akan menghipnotis dan membuat penat yang Anda bawa dari tempat asal seketika hilang, berganti dengan kesenangan yang siap menyambut di tengah sejuknya suasana hutan serta deburan air terjun yang khas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button