Wisata Lombok Timur

Air Terjun Mangku Sakti yang Sangat Mempesona

Membahas wisata di Lombok memang tidak ada habisnya. Pulau ini memang menyimpan pesona wisata yang luar biasa mulai dari pesona pantainya yang eksotis hingga wisata air terjun yang menyejukkan. Salah satu wisata air terjun di Lombok yang wajib Anda kunjungi adalah Air Terjun Mangku Sakti. Air terjun ini berada di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur dan masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Apabila berangkat dari Kota Mataram maka untuk mencapai lokasi ini setidaknya memakan waktu 3 jam untuk perjalanan. Perjalanan yang cukup panjang ini akan terbayar lunas ketika Anda sudah menginjakkan kaki di lokasi Air Terjun Mangku Sakti.

Ini Keseruan yang Bisa Anda Nikmati Saat Berwisata ke Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun ini punya keunikan yang mungkin tidak ditemukan di lokasi air terjun lainnya. Jika biasanya air yang mengalir di air tejun umumnya bening, di Air Terjun Mangku Sakti ini Anda akan menemukan air terjun dengan warna air hijau toska.

Tentu menjadi hal yang jarang melihat warna air terjun hijau toska bukan? Jadi warna air ini timbul karena adanya campuran belerang pada aliran air terjun. Air yang mengalir di lokasi ini berasal langsung dari Danau Segara Anak yang berada di Gunung Rinjani.

Air yang mengalir memang masih sangat alami dan karena kandungan belerangnya banyak orang mempercayai bahwa air dari lokasi ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Air Terjun Mangku Sakti punya ketinggian sekitar 40 meter di atas permukaan tanah. Aliran air jatuh pada dinding batu yang juga terlihat sangat mengagumkan. Di bagian bawah air terjun terdapat kolam berkedalaman antara 2 sampai 4 meter.

Kolam ini biasa digunakan untuk tujuan melompat dari atas air terjun oleh para pengunjung yang pandai berenang dan punya nyali besar. Di air terjun ini debit air yang mengalir cukup besar dengan arus yang juga cukup deras sehingga sebaiknya pengunjung lebih berhati-hati jika ingin melakukan lompatan dari atas tebing.

Mengingat kondisi arus yang deras maka pengunjung disarankan untuk tidak berkunjung ke lokasi ini pada musim hujan karena kondisi air akan menjadi keruh dengan arus yang deras dan cukup berbahaya.

Di lokasi air terjun yang masih sangat alami ini ada banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari berenang santai, menikmati udara segar dan pemandangan yang asri, berendam untuk mengobati penyakit kulit hingga melakukan aksi yang lebih ekstrim yaitu terjun dari atas air terjun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Sebaiknya Anda memilah milih aktivitas yang akan dilakukan sesuai dengan kemampuan Anda, jangan paksakan diri untuk mencoba melompat dari atas air terjun jika tidak punya kemampuan berenang karena akan sangat berbahaya.

Bagi yang tidak bisa berenang, Anda masih bisa bersantai dengan duduk-duduk diatas bebatuan sambil menikmati dinginnya aliran air yang mengalir. Hijaunya pemandangan sekitar dan suara gemericik air bisa jadi perpaduan pas untuk melepas penat dan menyegarkan tubuh serta pikiran.

Nah, kalau ingin berkunjung ke lokasi air terjun ini sebaiknya ketahui beberapa tips bermanfaat yang bisa membantu Anda berikut ini:

  • Jangan lupa membawa bekal makanan, minuman, obat-obatan dan peralatan pribadi yang cukup karena setelah masuk ke lokasi air terjun tidak terdapat banyak pedagang.
  • Minta bantuan warga lokal untuk membimbing Anad menuju lokasi air terjun agar tidak tersesat di dalam hutan.
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin untuk menghindari terpeleset selama perjalanan maupun ketika berada di dalam kawasan air terjun.
  • Selalu berhati-hati saat berenang atau bermain di sekitar lokasi.

Setelah semua hal dipersiapkan Anda bisa langsung meluncur ke lokasi untuk menikmati indahnya pemandangan dan segarnya air di Air Terjun Mangku Sakti, Lombok.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button