Wisata Lombok Tengah

Air Terjun Benang Kelambu

Tidak ada habisnya kalau membahas tentang keindahan alam Pulau Lombok. Setiap wilayah memiliki pariwisata andalannya masing-masing. Tidak terkecuali di Kabupaten Lombok Tengah. Tepatnya di Dusun Pemotok, Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, terdapat air terjun dengan keindahan yang sangat khas, keindahan yang berbeda dengan kebanyakan air terjun. Air terjun ini bernama Benang Kelambu.

Air Terjun Benang Kelambu merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Lombok Tengah bersama dengan Pantai Kuta dan beberapa destinasi wisata lainnya. Berbagai perombakan dan revitalisasi yang dilakukan oleh pemerintah menandakan bukti keseriusan dalam mengelola objek wisata yang selalu ramai dikunjungi ini.

Salah satu fasilitas yang sangat bermanfaat dan memberikan pertambahan pengunjung yang signifikan adalah dengan pembuatan bebebrapa kolam di sekitar air terjun yang bisa digunakan untuk berenang. Kolam yang tidak perlu disaring atau dibersihkan setiap hari karena airnya tetap mengalir berasal dari air terjun benang kelambu. Meskipun kolam tersebut adalah buatan, namun tetap tidak mengurangi kesan asri sedikit pun karena desain yang diciptakan benar-benar alami dan sesuai dengan kondisi air terjun. Dengan adanya fasilitas kolam ini, perbedaan nyata dari segi jumlah pengunjung terlihat jelas. Sebelumnya hanya bebeberapa dan mungkin terlihat agak sepi, namun setelah perobakan ini, banyak sekali wisatawan yang berkunjung setiap harinya.

Sebelum memasuki Kawasan Wisata Benang Kelambu, Anda akan terlebih dahulu melewati Air Terjun Benang Stokel. Jarak kedua air terjun ini diperkirakan adalah sekitar 1 km. Sebenarnya, air terjun Benang Stokel adalah yang biasanya dikunjungi oleh para wisatawan, namun semenjak revitalisasi dari pemerintah, objek wisata Benang Kelambu terus mengalami peningkatan pengunjung dan wisatawan cenderung lebih memilih mengunjungi air terjun ini meskipun jaraknya yang sedikit lebih jauh.

Selain melewati tangga jalur yang sudah dipersiapkan untuk pejalan kaki, ada pula akses lainnya dengan cara menyewa ojek untuk sampai lebih cepat dengan jalur khusus yang hanya boleh dilewati oleh mereka. Apabila dirasa tidak sanggup, Anda pun bisa menyewa ojek-ojek ini. namun, jika Anda ingin berjalan kaki, maka sebaiknya siapkan air minum atau sedikit makanan ringan terlebih dahulu, karena jalurnya akan sedikit melelahkan.
Setelah sampai di lokasi, Anda sudah bisa dipastikan akan dengan mudah menebak asal mula nama Benang Kelambu. Ya, disebut Benang Kelambu adalah karena air terjunnya yang menyerupai tirai kelambu yang sangat cantik. Berbentuk seperti tirai yang dihiasi oleh warna-warni pelangi yang elok. Anda akan melihat air terjun itu seperti melihat lukisan alam yang sangat indah.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Lombok Tengah? Bahkan dengan hanya membayar biaya masuk sebesar 5000 rupiah saja Anda sudah bisa menikmati keindahan dua air terjun sekaligus, yaitu Benang Kelambu dan Benang Stokel.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button