Wisata Lombok Utara

23 Tempat Wisata di Lombok Utara

Wisata Indonesia memang terkenal dengan pesona alamnya yang luar biasa. Salah satu ikon wisata Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara misalnya adalah Bali, Raja Ampat dan lainnya.

Namun, beberapa tahun belakangan, nama Lombok masuk dalam salah satu destinasi wisata terbaik yang tak kalah indah dari destinasi wisata lain di Indonesia. Pemerintah Lombok dalam hal ini memang cukup serius menangani sektor pariwisata sehingga membuka cukup banyak destinasi wisata baru untuk dinikmati.

Lombok sendiri dibagi menjadi beberapa kabupaten dan setiap kabupaten menawarkan potensi wisatanya masing-masing. Salah satu potensi wisata terbaik di Lombok ada di kabupaten Lombok Utara. Daerah ini memang menjadi salah satu ikon wisata di Lombok yang cukup banyak menyajikan destinasi wisata terbaik dengan pemandangan alam yang begitu memukau.

Ada cukup banyak destinasi wisata untuk dijadikan tujuan berlibur bagi Anda dan keluarga. Setidaknya ada 23 destinasi wisata di Lombok Utara yang akan disajikan untuk Anda pertimbangkan di bawah ini. Selamat membaca.

Destinasi Wisata Terbaik di Lombok Utara

Lombok Utara cukup terkenal dengan panorama alamnya yang begitu mengagumkan. Cukup banyak destinasi wisata alam yang menyajikan keindahan alam, baik pantai, air terjun dan lainnya. Di sisi lain daerah ini juga cukup terkenal dengan budaya dan makanan khasnya yang istimewa. Perpaduan beberapa hal inilah yang mengundang wisatawan untuk memilih Lombok Utara sebagai destinasi wisata terbaik mereka.

Nah, berikut 23 destinasi wisata di Lombok Utara selengkapnya!

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan Lombok. Foto by @exploreisland IG

Gili Trawangan adalah ikon wisata di Lombok yang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Lombok untuk dikunjungi. Gili atau pulau kecil memang menjadi destinasi wisata yang sangat disukai oleh para pengunjung.

Di Gili Trawangan, Anda akan berkesempatan untuk menikmati keindahan alam berupa hamparan pasir putih dan birunya lautan yang begitu mempesona. Selain itu, Gili Trawangan merupakan spot terbaik untuk menikmati keindahan sunset di sore hari.

2. Gili Meno

Gili Meno. Foto by @diego_criado IG

Letak Gili Meno tidak jauh dari Gili Trawangan. Pulau kecil ini juga menyimpan keindahan alam yang begitu luar biasa. Di Gili Meno, Anda bisa menikmati keindahan pantai yang sangat eksotis. Pantai di Gili Meno begitu cantik dengan lautannya yang membiru dan tenang.

Bagi Anda yang suka berenang di pantai, Gili Meno adalah salah satu pilihan terbaik. Tidak hanya itu, fasilitas wisata di tempat ini cukup kompleks sehingga pengunjung tidak perlu bingung terkait penginapan untuk tinggal sejenak.

3. Gili Air

Gili Air. Foto by @maxxunderhill IG

Selain Gili Trawangan dan Gili Meno, Lombok Utara juga memiliki Gili Air sebagai salah satu destinasi wisata. Meskipun belum terkenal sebagaimana Gili Trawangan, Gili Air tetap saja menjadi pilihan cukup banyak pengunjung untuk berlibur. Di Gili Air, Anda bisa merasakan sensasi liburan yang lebih private.

Gili Air memang tergolong cukup sepi dan sangat tepat dijadikan spot berbulan madu bagi pasangan yang baru saja menikah. Apa yang ditawarkan oleh Gili Air adalah pesona pantai yang begitu mempesona dengan lautan biru dan hamparan pasir putih.

4. Pandanan

Pandanan Beach Lombok Utara. Foto by @zitroni_vroni IG

Pandanan adalah objek wisata pantai yang ada di Lombok Utara. Letak pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Senggigi yang juga menjadi ikon wisata setempat. Nah, Pantai Pandanan cenderung tidak terlalu ramai oleh pengunjung karena memang belum di eksplorasi secara mendalam.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai yang lebih private, maka Pantai Pandanan bisa menjadi pilihan. Pantai ini juga tergolong indah dengan lautan biru yang begitu luas ditambah cukup banyak pohon kelapa yang menari saat terkena angin.

5. Pantai Tebing

Pantai Tebing Rempek Lombok Utara. Foto by @robert_yuhanda IG

Lombok Utara menawarkan Pantai Tebing sebagai salah satu destinasi wisata alternatif untuk dikunjungi. Tempat wisata ini cukup unik dengan kondisi alamnya yang masih alami. Apa yang menarik dari pantai ini adalah adanya tebing yang cukup curam yang berada di pojok pantai.

Memang, adanya tebing tersebut menjadi cikal bakal penamaan pantai. Nah, pengunjung yang datang bisa menjadikan tebing yang ada di pantai tersebut sebagai background foto alami yang begitu eksotis dan indah.

6. Pantai Nipah

Pantai Nipah Lombok Utara. Foto by @lombokparafly IG

Pantai Nipah terletak di Desa Malaka, Lombok Utara. Ini adalah salah satu pantai terbaik di daerah ini yang menarik untuk dikunjungi. Hamparan lautan biru dengan ombak berkejaran menjadi menu liburan yang begitu menyenangkan.

Tidak hanya itu, pantai ini merupakan salah satu spot terbaik untuk diving, snorkeling dan olahraga air lainnya. Terdapat cukup banyak persewaan alat diving di tepian pantai yang bisa membantu Anda untuk melakukan olahraga air tersebut.

7. Malimbu Hill

Bukit Malimbu. Foto by @atthofunnisa26 IG

Jika Anda bosan dengan wisata pantai, maka Anda bisa berkunjung ke Malimbu Hill. Ya, bukit ini adalah salah satu ikon wisata yang cukup terkenal di Lombok Utara. Perlu diketahui bahwa Lombok termasuk kawasan yang memiliki padang rumput yang cukup luas, termasuk salah satunya adalah Malimbu Hill.

Dengan berkunjung ke tempat ini maka Anda akan merasakan sensasi mendaki bukit yang tidak terlalu tinggi. Tidak hanya itu, tempat ini bisa dijadikan spot tepat untuk berburu sunrise.

8. Lombok Elephant Park

Bagi Anda yang berkunjung ke Lombok Utara bersama keluarga, Lombok Elephant Park dapat menjadi destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi. Dengan berkunjung ke taman gajah ini, maka Anda bisa mengajak keluarga Anda melihat kehidupan gajah di habitat asli mereka.

Tempat ini memang merupakan penangkaran gajah yang melindunginya dari kepunahan. Tidak hanya melihat kehidupan gajah, Anda juga bisa berpartisipasi untuk memberi makan gajah atau belajar mengenai pola hidup gajah. Tentu ini akan menjadi wisata edukasi yang menarik untuk keluarga.

9. Air Terjun Sendang Gila

Air Terjun Sindang Gile Senaru Lombok Utara. Foto by @vendaindiani IG

Destinasi wisata ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah daerah setempat. Air Terjun Sendang Gila berada sekitar 600 meter dari permukaan laut di mana akan memberikan hawa yang sangat sejuk bagi para pengunjung. Selain itu, akses jalan menuju ke destinasi ini cukup mudah dan bagus untuk dilalui.

Apa yang menarik dari objek wisata ini tentu saja adanya air terjun yang cukup besar dan Anda bisa merasakan kesejukan airnya. Tidak hanya itu, di sekeliling air terjun terdapat banyak tumbuhan besar nan hijau yang menyejukkan suasana.

10. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep. Foto by @baiqreni_ IG

Lokasi air terjun ini terletak tidak jauh dari Air Terjun Sendang Gila yang dibahas sebelumnya. Air terjun ini juga menarik dengan air terjun yang cukup besar. Selain itu, jumlah air terjun di objek wisata ini lebih dari satu sehingga akan memberikan pemandangan alam yang begitu eksotis.

Terlebih, di sekitar air terjun terdapat pepohonan yang menjulang ke atas di mana memberikan kesejukan yang lebih bagi para pengunjung yang datang. Dengan pemandangan alam yang ada, objek wisata ini sangat cocok untuk Anda yang berburu ketenangan.

11. Air Terjun Sekeper

Air Terjun Sekeper. Foto by @barutau216 IG

Air Terjun Sekeper terletak tidak jauh dari Air Terjun Tiu Teja. Meskipun berdekatan, air terjun ini menyajikan pemandangan yang cukup berbeda. Di air terjun ini, Anda berkesempatan untuk melihat derasnya air yang turun dari ketinggian.

Tidak hanya itu, apa yang menarik dari air terjun ini adalah pemandangan tebing kars yang begitu menggoda dan bisa dijadikan background menarik untuk foto. Kawasan di sekitar air terjun sendiri masih sangat asri dan hijau dengan kesejukan yang maksimal.

12. Air Terjun Gangga

Air Terjun Gangga Lombok Utara. Foto by @kajuman_ IG

Campuran warna hijau dan biru yang ada di air terjun ini menjadi sesuatu yang berbeda yang sangat menarik bagi para pengunjung. Air terjun ini terletak di hamparan perbukitan di mana di sekitarnya terdapat pula daerah persawahan dan lautan lepas.

Dengan kombinasi ikon alam, Gangga menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang wajib dikunjungi. Di sisi lain nama Gangga juga mengandung makna sendiri di mana dalam keyakinan Hindu, Gangga dianggap sebagai sungai yang suci.

13. Air Terjun Tiu Pituq

Air Terjun Tiu Pituq. Foto by @handaebeh IG

Air Terjun Tiu Pituq merupakan salah satu ide wisata baru yang ada di Lombok Utara. Meskipun tergolong baru, namun destinasi wisata ini cukup diminati dan ramai dikunjungi oleh para pengunjung dari dalam maupun luar negeri. Nah, air terjun ini memiliki kolam alami yang berjumlah tujuh buah.

Dengan adanya kolam tersebut, maka Anda bisa merasakan sensasi berenang dan berendam di kolam air alami yang cukup dingin dan sangat sejuk. Selain itu, air terjun ini memiliki pemandangan alam yang begitu eksotis dengan banyaknya pepohonan hijau yang tinggi menjulang.

14. Air Terjun Tiu Pupus

Air Terjun Tiu Pupus. Foto by @hasnnnni IG

Jika Anda ingin berenang di bawah guyuran air terjun, maka Tiu Pupus dapat menjadi ide wisata terbaik yang bisa Anda kunjungi. Ini adalah salah satu wisata air terjun terbaik di Lombok Utara yang cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Hal menarik dari air terjun ini adalah adanya genangan air yang menyerupai kolam renang di bawah air terjun. Air yang menggenang di wilayah yang cukup luas ini menjadikan kolam renang alami yang sangat menyegarkan bagi pengunjung yang datang.

15. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja. Foto by @bale_gerupuk IG

Air terjun ini terletak di wilayah tropis di kawasan Lombok Utara, tepatnya ada di daerah hutan Santong. Nah, jika Anda berkunjung ke tempat ini, maka Anda akan melewati hamparan kebun kopi luas yang menjadi miliki warga sekitar.

Objek wisata ini cenderung sangat indah dengan ekosistem yang begitu alami dan hijau. Air mengalir dengan cukup deras dan menjadi pemandangan alam yang begitu menenangkan. Tidak hanya itu, di sekitar air terjun terdapat cukup banyak pepohonan besar yang memberikan kesejukan tersendiri bagi pengunjung yang datang.

16. Air Terjun Dewi Selendang

Air Terjun Dewi Selendang Sembalun. Foto by @hernaayu_ IG

Terletak tidak jauh dari Air Terjun Tiu Teja, Air Terjun Dewi Selendang juga menjadi salah satu ikon wisata menarik yang ada di Lombok Utara. Air terjun ini memiliki keindahan luar biasa perpaduan air terjun yang cukup besar dengan kondisi alam yang masih asri nan hijau.

Tidak hanya itu, air terjun ini memiliki cerita rakyat tentang seorang Dewi yang cukup melegenda. Adanya cerita ini membuat pengunjung merasa penasaran dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata terbaik untuk mengisi liburan mereka.

17. Masjid Kuno Gumantar

Masjid Kuno Gumantar. Foto by @chaanisa28 IG

Masjid Kuno Gumantar menjadi salah satu ikon wisata di Lombok Utara. Masjid ini merupakan bukti autentik penyebaran agama Islam di Lombok Utara di masa silam. Cukup banyak pengunjung yang datang ke masjid kuno ini untuk belajar sejarah Islam di Lombok Utara.

Selain itu, Gumantar sendiri termasuk salah satu desa wisata yang ada di Lombok Utara. Di tempat ini, pengunjung bisa belajar dan mengenal budaya setempat serta mencicipi hidangan khas yang tidak akan ditemui di daerah lainnya.

18. Desa Wisata Kerujuk

Desa Wisata Kerujuk. Foto by @faiza_quent IG

Desa Wisata Kerujuk adalah salah satu desa wisata terbaik yang ada di Lombok Utara. Bagi Anda yang suka dan tertarik dengan kebudayaan, mengunjungi desa ini bisa dibilang suatu kewajiban.

Ya, dengan berkunjung di desa ini, maka Anda bisa melihat kebudayaan unik dari penduduk sekitar. Tidak hanya itu, Anda juga berkesempatan untuk belajar membuat kain tenun dengan alat tradisional yang menjadi salah satu mata pencaharian penduduk asli di Kerujuk.

19. Desa Wisata Senaru

Desa Wisata Senaru Lombok Utara. Foto by @wisatadesasenaru IG

Tidak jauh beda dengan Kerujuk, Desa Wisata Senaru juga menawarkan destinasi wisata budaya yang begitu mengagumkan. Hampir setiap musim liburan desa ini senantiasa ramai dikunjungi oleh pengunjung baik wisatawan dalam negeri atau mancanegara.

Di desa wisata ini, pengunjung bisa belajar banyak hal mengenai kebudayaan setempat. Tidak hanya itu, di desa ini, Anda bisa mencicipi makanan khas Lombok Utara yang begitu lezat dan tidak akan ditemukan di daerah lainnya. Juga, ada cukup banyak souvenir asli Lombok yang bisa didapatkan di desa wisata ini.

20. Masjid Kuno Bayan

Masjid Kuno Bayan Lombok Utara. Foto by @fir_maman IG

Masjid Kuno Bayan merupakan salah satu masjid tertua yang ada di kawasan Lombok Utara. Masjid ini memang sebenarnya jauh dari kata modern karena dibangun dengan bahan kayu dan beratapkan daun rumbia.

Namun, masjid ini menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat setempat dan menjadi bukti penyebaran agama Islam masa lalu di Lombok. Hingga kini, masjid ini masih digunakan untuk penyelenggaraan upacara-upacara adat bagi warga sekitar.

21. Taman Kopi Senaru

Wisata Kebun Kopi Senaru. Foto by @erytriana_iie IG

Lombok memang bukan termasuk penghasil kopi utama di Indonesia dan masih kalah terkenal dengan Lampung. Namun, di Lombok Utara terdapat taman kopi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ya, taman kopi tersebut bernama Senaru. Senaru memang merupakan salah satu taman kopi yang sangat istimewa di Lombok.

Tidak hanya terdapat hamparan kebun kopi yang begitu luas, taman kopi ini juga menyediakan beragam jenis kopi yang bisa dinikmati langsung di beberapa kedai yang tersedia. Jika Anda merupakan pecinta kopi, maka tempat ini wajib dikunjungi!

22. Teres Genit Rice Field

Sawah Terasering Teres Genit Bayan. Foto by @didikhariadi IG

Destinasi wisata yang cukup unik di mana berada di Lombok Utara adalah Teres Genit Rice Field. Perlu diketahui bahwa pertanian merupakan salah satu sumber mata pencaharian terbanyak yang ada di Lombok dan memang Lombok terkenal dengan produksi berasnya yang surplus.

Nah, Teres Genit Rice Field merupakan objek wisata pertanian yang sangat unik. Di tempat ini Anda bisa melihat pemandangan yang sangat menarik dari hamparan sawah yang tersusun sangat rapi. Selain itu, Anda juga bisa berkesempatan ikut menanam padi atau membajak sawah bersama dengan petani setempat.

23. Plawangan Senaru

Pelawangan Senaru Lombok Utara. Foto by @zainalabidinachmad IG

Plawangan Senaru adalah objek wisata alam yang terletak di kawasan Gunung Rinjani. Kawasan bukit ini cukup terkenal di Lombok Utara dan menjadi destinasi wisata terbaik bagi pengunjung yang suka mendaki.

Dengan berkunjung ke Plawangan Senaru, Anda berkesempatan untuk melihat pemandangan alam berupa gunung yang menjulang atau hamparan kebun kopi luas dengan mata telanjang. Tidak hanya itu, kawasan ini juga merupakan spot menarik untuk berburu sunrise di pagi hari.

Nah, dengan penjelasan tersebut setidaknya ada 23 destinasi wisata menarik di Lombok Utara untuk dikunjungi. Buatlah daftar kunjungan wisata Anda untuk membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button