Wisata Lombok Tengah

22 Tempat Wisata di Lombok Tengah

Lombok kini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Indonesia. Setelah sebelumnya Bali selalu menjadi pilihan pertama bagi wisatawan dalam maupun luar negeri untuk berlibur, kini Lombok juga menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikunjungi.

Lombok terletak di gugusan kepulauan Nusa Tenggara yang terletak di sebelah timur Bali. Bermodal panorama alam yang sangat eksotis dan mengagumkan, Lombok adalah pilihan tepat untuk menikmati keindahan Indonesia bersama keluarga.

Perlu diketahui bahwa Lombok dibagi menjadi beberapa wilayah atau distrik. Salah satu wilayah bagian dari Lombok adalah Lombok Tengah. Lombok Tengah memiliki cukup banyak destinasi wisata dan menjadi salah satu kabupaten yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat musim liburan tiba.

Nah berikut akan dibahas mengenai 22 ide wisata terbaik yang ada di Lombok Tengah sebagai gambaran sebelum Anda berwisata ke Lombok. Simak beberapa penjelasan mengenai berbagai destinasi wisata Lombok Barat di bawah ini. Selamat membaca.

Destinasi Wisata Terbaik Lombok Tengah

Telah disinggung sebelumnya bahwa Lombok terkenal dengan panorama alam yang begitu indah dan mengesankan. Namun, perlu diketahui pula bahwa Lombok juga menyajikan hal menarik lainnya selain wisata alam, seperti budaya yang masih terpelihara serta sajian makanan khas yang begitu menggoda. Nah, berikut beberapa ide wisata menarik yang ada di Lombok Tengah yang bisa Anda jadikan daftar untuk dikunjungi!

1. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan Lombok Selatan. Foto by @mountain_8k IG

Mengunjungi Lombok Tengah tentu tidak lengkap tanpa berkunjung ke Pantai Tanjung Aan. Pantai ini tergolong unik karena memiliki karakteristik pasir yang berbeda. Saat berkunjung ke pantai ini, Anda akan disuguhkan pasir putih yang memanjang di satu sisi pantai. Di sisi lain, terdapat pasir pantai yang berwarna kecokelatan.

Perlu diketahui pula bahwa pantai ini adalah pantai terpanjang di Lombok Tengah. Karena saking panjangnya, masyarakat setempat membagi pantai ini menjadi beberapa pantai yang berbeda. Nah, bagi Anda yang ingin mengajak keluarga Anda berlibur, pantai ini tergolong aman karena ombak di pantai ini yang tidak terlalu besar dan cenderung tenang.

2. Pantai Kuta

Pantai Kuta Lombok Selatan. Foto by @beach_lombokisland IG

Pantai Kuta memang identik dengan pantai yang ada di Bali. Namun, Lombok Tengah juga memiliki pantai dengan nama yang sama yang tidak kalah eksotis nya. Pantai ini sangat terkenal karena pasir putihnya yang begitu bersih dan luas. Tidak hanya itu, pantai ini menawarkan fasilitas yang begitu lengkap. Bahkan, di tepian pantai terdapat cukup banyak hotel yang megah berdiri untuk menginap.

3. Mandalika Resort

Mandalika Beach Lombok Selatan. Foto by @xxdadanxx IG

Mandalika Resort adalah kawasan wisata terbaik yang ada di Lombok Tengah. Destinasi ini cukup terkenal karena menjadi spot Presiden Jokowi membuat sebuah vlog.

Namun, terlepas dari hal tersebut, Mandalika Resort memang menawarkan kondisi alam yang sangat indah. Anda bisa menikmati hamparan teluk yang begitu biru dan bersih. Tempat ini juga sangat cocok untuk berburu sunset. Letaknya yang tidak jauh dari Pantai Kuta juga membuat wisata ini mudah untuk dijangkau.

4. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak. Foto by @ginsertomsonromaiki IG

Pantai Selong Belanak menjadi salah satu ikon wisata di wilayah Lombok Barat. Pantai ini sangat menarik karena diapit oleh dua bukit besar yang rindang dengan pepohonan. Adanya bukit tersebut tentu saja akan membuat pemandangan di pantai ini semakin indah. Juga, bukit tersebut akan membuat hawa di pantai cenderung lebih sejuk.

Bagi Anda yang suka berselancar, pantai ini adalah salah satu spot yang tepat. Ombak di pantai ini tergolong cukup besar meskipun tidak terlalu ganas. Tentu, dengan ombak yang besar maka adrenalin Anda akan ditantang untuk menaklukkannya.

5. Pantai Mawun

Pantai Mawun Lombok Selatan. Foto by @aripratama_putu IG

Pantai Mawun termasuk salah satu pantai terbaik yang ada di Lombok Tengah. Jika Anda berkunjung ke Lombok, maka wajib hukumnya bagi Anda untuk berkunjung ke pantai ini. Pantai Mawun menyediakan pemandangan alam yang sangat indah berbekal air laut yang kebiruan dan pasir putih yang memanjang serta luas.

Tidak hanya itu, ombak di pantai ini cenderung tenang sehingga aman untuk berenang di laut. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa warung tradisional yang menjual beberapa makanan khas serta kelapa untuk dinikmati kala bersantai memandang birunya lautan.

6. Pantai Telawas

Pantai Telawas. Foto by @pantaitelawas IG

Pantai Telawas adalah ikon Kabupaten Lombok Tengah yang cukup terkenal. Pantai ini menyajikan keindahan yang begitu menawan untuk menarik wisatawan datang. Nah, di pantai ini, Anda bisa menikmati suara deburan ombak yang begitu merdu sambil duduk di pasir putih yang memanjang dengan luas.

Tidak hanya itu, baik akses dan fasilitas yang tersedia di tempat ini sudah sangat modern sehingga akan menunjang liburan anda.

7. Are Guling

Are Guling. Foto by @kecoakkece IG

Berkunjung ke Lombok Tengah sepertinya tidak lengkap jika tidak berkunjung ke Are Guling. Are Guling merupakan pantai yang cukup ternama di Lombok Tengah. Cukup banyak wisatawan mancanegara yang datang ke destinasi wisata ini untuk berlibur.

Menyuguhkan lautan dengan ombak yang tenang serta pasir putih yang luas menghampar, pantai ini dapat menjadi spot yang sangat menarik untuk menikmati angin sepoi yang menelisik batuan karang.

8. Gerupuk

Pantai Gerupuk. Foto by @laluiwansept IG

Gerupuk merupakan salah satu pantai yang sangat menarik di Lombok Tengah. Ini merupakan pantai yang cukup indah dengan panorama alam yang begitu eksotis. Apa yang menarik dari pantai ini adalah lautan birunya yang begitu luas dipadukan dengan kondisi pasir putih yang begitu bersih. Selain itu, ada beberapa spot yang bisa memanjakan pengunjung untuk menikmati matahari.

Tidak hanya itu, bagi pengunjung yang suka berselancar, maka pantai ini merupakan spot selancar yang tepat. Hal ini dikarenakan ombak pantai ini cukup besar dan berkejaran. Tentu, ombak yang besar menjadi faktor penting mengetes adrenalin Anda saat berselancar.

9. Bumbang

Pantai Bumbang. Foto by @bumbangkulombok IG

Bumbang merupakan kawasan pantai yang cukup terkenal di Lombok. Memang, Lombok Tengah memiliki pantai yang cukup banyak untuk dipilih. Namun, Bumbang menyediakan keunikan sendiri yang berbeda dari pantai kebanyakan.

Di pantai ini, Anda akan menemukan adanya ayunan di bibir pantai yang bisa digunakan untuk bermain-main. Tidak hanya itu, di sisi pantai terdapat bukit menjulang yang cukup tinggi dan hijau. Bukit ini bisa menjadi background yang tepat untuk spot foto.

10. Pantai Mawi

Pantai Mawi. Foto by @journeylaziza_ IG

Pantai Mawi adalah salah satu pantai paling indah yang ada di Lombok Barat. Destinasi wisata ini sangat berkelas dengan pantai yang begitu landai dan dihiasi oleh lautan biru yang sangat eksotis. Pantai ini juga termasuk salah satu spot selancar yang sangat tepat karena ombak pantai yang cukup besar dan berkejaran.

Tidak hanya itu, pantai ini merupakan salah satu spot bulan madu bagi pasangan yang baru menikah. Paduan keindahan pantai yang begitu mempesona serta fasilitas penginapan yang lengkap membuat pantai ini cocok untuk menikmati masa bulan madu Anda bersama dengan pasangan.

11. Pantai Semeti

Pantai Semeti. Foto by @m.azrialpachromi IG

Pantai Semeti merupakan pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi ketika berada di Lombok Tengah. Pantai ini sangat menarik karena bisa dibilang sebagai pantai yang sangat lengkap. Kenapa sangat lengkap? Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki bukit hijau di sudut pantai, pasir putih yang menghampar luas serta karang yang berjejer di lautannya.

Nah, dengan kelengkapan unsur yang menarik, tentu sangat sayang melewatkan berwisata ke pantai yang satu ini. Tidak hanya itu, Pantai Semeti juga menawarkan banyak spot menarik untuk berfoto bersama keluarga. Namun, kekurangan dari pantai ini adalah akses jalan yang masih belum terlalu baik untuk kendaraan kecil.

12. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung. Foto by soulbackpacker IG

Pantai Batu Payung adalah salah satu ikon wisata yang sangat menarik di Lombok Barat. Diantara pantai lainnya, Pantai Batu Payung termasuk salah satu pantai yang unik. Pantai ini memiliki batu karang yang cukup besar di sepanjang pantai. Hal inilah yang menyebabkan pantai ini berbeda dari pantai kebanyakan di Lombok Tengah.

Selain batuan karang yang luas, apa yang menarik dari pantai ini adalah adanya karang yang berbentuk seperti payung. Inilah cikal bakal nama Batu Payung dari pantai ini. Ada beberapa spot menarik di pantai ini yang bisa dijadikan pilihan untuk menikmati keindahan matahari sore hari.

13. Twa Gunung Tunaq

TWA Gunung Tunak. FOto by @laluifan.09_ IG

Twa Gunung Tunaq bisa dikatakan merupakan ide wisata yang sedang hits di kawasan Lombok Tengah. Salah satu wisata alam ini begitu mengagumkan dengan kondisi alam yang begitu indah dan sejuk. DI tempat ini, Anda bisa menikmati pemandangan yang begitu eksotis yang berasal dari hamparan padang hijau yang luas.

Tidak hanya itu, dari atas bukit Anda juga bisa menikmati keindahan pantai Lombok Tengah yang indah dan biru. Nah, kawasan Gunung Tunaq termasuk taman sehingga ekosistem dan pohon yang ada di daerah tersebut terawat dengan sangat baik.

14. Pantai Goang Sari Twa Gunung Tunaq

Pantai Goang Sari TWA Gunung Tunaq. Foto by @santiparamitasari IG

Panta Goang Sari Twa Gunung Tunaq termasuk destinasi wisata menarik yang sayang dilewatkan di Lombok Tengah. Destinasi wisata pantai ini begitu mengagumkan dengan panorama alam yang sangat indah dan eksotis. Tidak hanya itu, pantai ini juga menawarkan ombak yang begitu tenang dan bisa menjadi spot alternatif untuk berenang.

Apa yang menarik dari pantai ini adalah adanya bukit di ujung pantai. Bukit yang menjulang ini bisa menjadi objek wisata alternatif untuk dinikmati. Nah, dari atas bukit ini Anda bisa menikmati sunset yang indah tentu dengan lebih leluasa dan berkesan. Sangat menarik, bukan?

15. Bukit Merese

Bukit Merese. Foto by @gitaan._ IG

Daerah Lombok cukup terkenal dengan hamparan bukit hijaunya. Salah satu bukit hijau yang terkenal di Lombok Tengah adalah Bukit Merese. Ini merupakan salah satu ikon wisata terbaik yang ada di Lombok Tengah dan sangat ramai oleh pengunjung di masa liburan. Tentu, akan sangat rugi jika Anda melewatkan destinasi ini untuk dikunjungi.

Apa yang menarik dari bukit ini adalah hamparan padang hijau yang begitu luas dan datar. Tidak hanya itu, dari atas bukit Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Kuta dari kejauhan. Masyarakat setempat pun menyebut bukit ini sebagai bukit cinta dikarenakan keindahan alamnya yang luar biasa.

16. Pantai Seger

Pantai Seger Kuta Lombok Selatan. Foto by @rijalhnfi99 IG

Jika Anda berkunjung ke Lombok Tengah, tidak ada salahnya jika Anda mampir ke Pantai Seger. Ini adalah salah satu pantai terbaik yang ada di Lombok Tengah. Nama pantai ini juga cukup unik di mana berarti merupakan sebuah kesegaran.

 Memang, pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah yang tentu saja akan membuat setiap pengunjung yang berkunjung ke sana akan menikmati sebuah kesegaran baru.

17. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu. Foto by @dvidcristo IG

Tidak hanya pantai, Lombok Tengah juga menyuguhkan ide wisata lain yang sangat menarik. Salah satu ide wisata menarik di daerah ini adalah air terjun Benang Kelambu. Air terjun ini termasuk yang paling unik di Lombok Tengah dan menjadi destinasi wisata menarik bagi masyarakat sekitar.

Apa yang menarik dari air terjun ini adalah air yang jatuh tidak langsung menuju ke kolam. Akan tetapi, air turun dan melewati beberapa pepohonan serta batuan sebelum jatuh ke kolam. Tentu, pemandangan alam di wisata ini begitu menakjubkan.

18. Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Stokel Foto by @aditralfath IG

Pilihan wisata air terjun lain yang ada di Lombok Tengah adalah Air Terjun Benang Stokel. Ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Air Terjun ini terletak di kaki Gunung Rinjani dengan ketinggian sekitar 552 mpdl. Nah, bagi Anda yang suka dengan suasana alam yang menenangkan, berkunjung ke lokasi ini adalah kewajiban.

Apa yang menarik dari air terjun ini adalah di tempat ini terdapat beberapa air terjun kembar. Tentu, adanya lebih dari satu air terjun akan membuat tempat ini begitu menyenangkan untuk sekadar duduk dan berbincang. Tidak hanya itu, keindahan alam di sekitarnya juga sangat membantu untuk mengisi ulang energi pengunjung yang habis karena perjalanan.

19. Desa Sade

Desa Sade. Foto by @trihariartii IG

Desa Sade merupakan desa adat yang terdapat di Lombok Tengah. Desa wisata ini sangat terkenal hingga ke mancanegara. Nah, di desa ini terdapat cukup banyak ide wisata budaya yang sangat menarik. Dengan datang ke desa ini, maka pengunjung bisa belajar budaya setempat dari suku asli.

Apa yang menarik dari desa ini adalah keaslian bangunannya. Bangunan rumah di desa ini kebanyakan masih menggunakan ijuk sebagai atap. Selain itu, kesederhanaan penduduk di desa ini akan mengingatkan Anda pada kehidupan masa lalu masyarakat Indonesia. Tentu ini akan memberikan pengalaman yang menarik di luar hingar-bingar kota metropolitan.

20. Desa Ende

Desa Wisata Ende. Foto by @mangkubumi18 IG

Desa Ende merupakan desa adat yang ada di Lombok Tengah. Sebagai desa adat, Ende menyuguhkan hal-hal yang tentu saja tidak akan Anda temukan di daerah lain. Salah satu hal yang paling terkenal dari desa adat ini adalah bangunan rumahnya yang tampak tradisional. Rumah di Ende masih dibuat dengan atap jerami yang jauh dari kata modern.

Selain itu, jika Anda berkunjung ke Ende maka Anda akan melihat beberapa upacara atau kegiatan adat masyarakat sekitar. Tentu saja untuk Anda yang suka dengan budaya, hal semacam ini akan sangat menarik untuk diikuti dan dipelajari lebih lanjut.

21. Masjid Kuno Rembitan

Masjid Kuno Rambitan. Foto by @anomharyacom IG

Masjid Kuno Rembitan terletak di Pujut, Lombok Tengah atau sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram. Masjid ini merupakan bangunan kuno yang memiliki nilai historis tinggi terkait penyebaran agama Islam yang ada di Lombok. Selain itu, masjid ini terletak di sekitar bangunan penduduk sehingga termasuk wilayah yang cukup ramai.

Bangunan masjid ini bisa dikatakan masih sangat tradisional karena dibuat dengan dinding kayu dan atap dari rumbia. Namun, meskipun merupakan bangunan tua dan masih sangat sederhana, masjid ini tampak masih kokoh hingga sekarang. Cukup banyak wisatawan hadir ke masjid ini untuk mengenal sejarah Islam di Lombok.

22. Desa Wisata Bilebante

Desa Wisata Bilebante. Foto by @echels_diskara IG

Desa Wisata Bilebante juga termasuk salah satu ikon wisata di Lombok Tengah. Desa wisata ini menawarkan ide wisata unik yang jarang ditemukan di daerah lainnya. Di desa ini, pengunjung bisa menikmati keindahan desa yang masih asri, sejuk dan hijau. Tentu, kondisi ini akan membuat pikiran menjadi segar kembali setelah penat bekerja.

Tidak hanya itu, di desa ini, pengunjung juga bisa belajar beberapa kebudayaan daerah Lombok, salah satunya adalah menenun. Ya, Lombok memang terkenal dengan kain tenun nya yang berkualitas tinggi. Pengalaman membuat tenun sendiri tentu akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Nah, dari sekian banyak destinasi wisata Lombok Tengah tersebut, Anda bisa memilih beberapa destinasi untuk berlibur. Pilih dan nikmati keindahan alam Lombok Tengah yang memukau!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button