Keindahan 3 Gili - Trawangan, Air, Meno

Keindahan wisata di Lombok selain di pantai Senggigi dan pantai Kuta adalah kawanan pulau kecil yang terdiri dari Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan. Pulau-pulau kecil ini terletak di sebelah barat laut pulau Lombok.

Tiga Gili Terlihat dari Atas - Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air dan Pulau Lombok
Tiga Gili Terlihat dari Atas - Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air dan Pulau Lombok | foto: wikipedia

Meskipun berada diseberang pulau, kawasan ini dapat dicapai dengan angkutan umum yang akan mengantarkan anda menuju pelabuhan Bangsal, dari sini perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu motor sewaan.

Pantai di Gili Trawangan
Pantai di Gili Trawangan | foto: kate and lindsay

Diantara ketiga gili, Gili Trawangan yang banyak diminati turis, maklum saja karena fasilitas dipulau ini paling lengkap, misalnya pub, bar kafe dan restoran cepat saji.

Gili Trawangan
Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam dengan bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.

Gili Islands Overview
Gili Islands Overview

Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal.
Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.